Berbagi Tentang Aneka Resep Makanan Resep Asli Indonesia Yang Tentunya Mudah Dan Enak.

Cara Membuat Cupcake Oreo Kukus Spesial dan Sederhana

Cara Membuat Cupcake Oreo Kukus – Cupcake merupakan olahan kue yang hampir mirip dengan bolu. Bedanya, cupcake ini dicetak dengan menggunakan cup berukuran kecil, sedangkan bolu dicetak dengan loyang besar dan dipotong-potong.

Cara Membuat Cupcake Oreo Kukus

Banyak orang yang menganggap cupcake hanya bisa dibuat dengan memanggang, padahal tidak demikian. Anda pun masih bisa membuat kue satu ini dengan cara mengukusnya. Penasaran? Langsung saja simak cara membuat cupcake oreo kukus enak berikut ini.

Resep Kue Cupcake Oreo Kukus Praktis

Bahan-bahan:


  • Telur ayam kampung segar sebanyak 3 butir 
  • Gula pasir halus sekiranya 75 gram
  • Emulsifier cukup dengan 1 sendok teh
  • Cokelat keping sebanyak 50 gram 
  • Oreo sesuai selera masing-masing - Tepung terigu berprotein sedang cukup 150 gram 
  • Baking powder sebanyak 1/2 sendok teh
  • Susu cair cukup sekiranya 50 ml 
  • Margarin yang dilelehkan sekiranya 50 gram


Bahan hiasan (sesuai selera):


  • Bisa coklat pekat yang sudah dilelehkan secukupnya.


Cara Sederhana Membuat Kue Cupcake Oreo Kukus


  1. Langkah awal siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk membuat adonan. Kemudian campurkan antara telur, gula pasir, dan emulsifier. Kocok bahan-bahan tadi sampai mengembang sempurna. Lalu masukan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak sebelumnya. Aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur merata. 
  2. Selanjutnya masukan susu cair dan margarin yang telah di lelehkan. Sambil mengaduk-aduk, masukan oreo dan keping coklat. Usahakan semua dapat tercampur dan menyatu secara sempurna. 
  3. Sekarang, tuang adonan yang sudah dibuat tadi kedalam cetakan muffin atau cup. Agar tidak lengket, Anda bisa menggunakan kertas pada bagian bawahnya. 
  4. Kukus adonan yang telah dimasukan kedalam cetakan tadi selama kurang lebih 10-15 menitan. Pastikan selama mengukus jangan membukanya, karena akan menyebabkan tekstur kue tak mengembang. 
  5. Apabila sudah matang, sajikan untuk camilan spesial keluarga tercinta. Cupcake oreo sangat cocok sekali disajikan saat ada acara penting. Misalnya saat arisan, kumpul bareng, dan masih banyak lagi.


Baca juga: Resep dan Cara Olah Udang Goreng Petai

Sekian info resep mengenai cara membuat cupcake oreo kukus spesial yang dapat kami sajikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Cupcake Oreo Kukus Spesial dan Sederhana