Berbagi Tentang Aneka Resep Makanan Resep Asli Indonesia Yang Tentunya Mudah Dan Enak.

Ini Dia Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat

Pada kesempatan kali ini resep yang akan coba penulis bahas secara lengkap adalah resep tempe mendoan cilacap. Mendoan merupakan jenis panganan gorengan yang bahan dasarnya adalah tempe. Jenisnya tempe mendoan ini ternyata ada banyak lho dan biasanya dibedakan berdasarkan tempat daerah tempe mendoan ini berasal. Salah satu tempe mendoan yang paling terkenal adalah tempe mendoan purwokerto dan tempe mendoan cilacap.

Tempe mendoan ini sendiri menurut wikibooks sebenarnya berasal dari daerah banyumas, namun sesuai dengan perkembangannya setiap daerah memiliki kekhasan rasa dan tampilan tersendiri yang menyebabkan tempe mendoan ini berbeda dari satu daerah yang lain, tidak ada perbedaan yang sangat mencolok sebenarnya selain hanya perbedaan bentuk dan asal nama kota atau daerahnya saja.

Mendoan memang merupakan jenis makanan ringan yang sangat banyak digemari. Makanan ringan ini sangat enak bila disajikan dengan cabai hijau atau sambel kecap pedas, ditambah mentimun juga tak kalah sedap. Untuk bahan dasar resep tempe mendoan cilacap itu sendiri sebaiknya memang menggunakan tempe jenis khusus mendoan yang berbentuk lebar dan tipis, biasanya terdiri dari hanya satu atau dua lembar saja perbungkus. Untuk bumbunya biasanya tepung yang diadon halus di tambahkan dengan capuran aneka potongan seledri dan bumbu khas jawa lainnya untuk memberikan cita rasa yang lezat dan aroma yang sedap.

Tidak sulit koq membuat tempe mendoan khas cilacap, anda dirumah juga bisa membuatnya dengan mudah, bagi anda yang berniat untuk mencoba memasak tempe mendoan cilacap ini, berikut penulis berikan resep tempe mendoan cilacap yang lezat dan mudah untuk dibuat.

Resep Tempe Mendoan Cilacap

Bahan-bahan dasar Yang Diperlukan Untuk Membuat Tempe Mendoan Cilacap:


  • Tempe mendoan 10 buah (jika tidak ada bisa diganti menggunakan tempe biasa yang diiris tipis sebanyak kurang lebih 300g) 
  • Daun bawang sebanyak 2 batang, iris halus 
  • Tepung beras sebanyak 1 sdm 
  • Tepung Terigu sebanyak 3 sdm 
  • Air mineral dalam jumlah secukupnya untuk mendapat adonan bumbu dengan kekentalan yang dinginkan 
  • Minyak goreng yang perlukan untuk menggoreng tempe mendoan


Untuk membuat bumbu yang dihaluskan, berikut bahan-bahan yang diperlukan:


  • Bawang putih 2 siung 
  • Kemiri 1 butir 
  • Ketumbar yang sudah dihaluskan sebanyak 1 sdt 
  • Kencur dalam jumlah secukupnya 
  • Garam dalam jumlah secukupnya


Cara membuat tempe mendoan cilacap:


  1. Campurkan tepung beras dan tepung terigu, aduk halus. 
  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun bawang, serta air sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. 
  3. Ambil potongan tempe mendoan atau tempe biasa yang sudah diiris tipis lalu campurkan kedalam adonan tepung. 
  4. Goreng kedalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, tunggu sampai adonan tepung matang tapi jangan sampai kering, untuk mengetahuinya bisa dilihat dari warna tepung yang berwarna putih. 
  5. Angakat tempe mendoan lalu tiriskan untuk membuang minyak. 
  6. Sajikan tempe mendoan anda selagi hangat dengan cabai rawit atau sambel pedas kecap kesukaan anda.


Nah, itulah panduan lengkap resep tempe mendoan cilacap yang bisa anda coba dirumah. Tidak sulit koq untuk membuatnya, untuk hasil yang maksimal sebaiknya memang menggunakan tempe jenis mendoan saja dibandingkan tempe jenis biasa, hal ini dikarenakan jenis tempe mendoan memiliki tingkat ketebalan dan bentuk yang unik khas tempe mendoan. Untuk sambelnya sendiri anda bisa menggunakan cabai hijau mentah langsung ataupun membuat sambel kecap yang dicampur dengan cabai rawit. Resep tempe mendoan cilacap ini bisa lho anda coba di sela-sela waktu senggang anda, selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat